Berita

Paten Sederhana Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Teknik – Universitas Wijaya Putra

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

            Menurut Dekan Fakultas Teknik - Universitas Wijaya Putra (FT-UWP), Slamet Riyadi ST., MT, Fakultas Teknik memiliki konsep MBKM FT-UWP di semua Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Industri, dan Program Studi Teknik Informatika, sudah tertuang dalam Rencana Strategi Dan Program Kerja Fakultas Teknik 2020-2021 dan sebagian telah di implementasikan yaitu: Pertukaran Mahasiswa, Magang/Praktik Kerja dan Penelitian/Riset. Sedangkan rencana implementasikan pada tahun selanjutnya yaitu: Asistensi Mengajar Di Satuan Pendidikan, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam MBKM adalah, yang pertama adalah Mekanisme Pelaksanaan MBKM, yang kedua adalah Konversi Mata Kuliah yang terkait MBKM, dan yang ketiga adalah Luaran Pelaksanaan untuk mendukung Mata Kuliah MBKM.

Mekanisme Pelaksanaan MBKM yang diimplemantasikan di FT-UWP adalah membuat, memfasilitasi, melakukan pengembangan serta melakukan MOU terkait program-program kegiatan MBKM.  Sedangkan yang terkait Konversi Mata Kuliah adalah dimana untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.

Untuk luaran dari implementasi Mata Kuliah MBKM FT-UWP mempunyai karakter yang berbeda dengan Fakultas lain di Universitas Wijaya Putra dimana orientasinya ke Paten dan Desain Industri yang semula hanya Hak Cipta. Dan sekarang sudah ada Paten Sederhana dalam proses pengajuan. Sedangkan untuk publikasi hasil riset diharapkan ke jurnal yang terindex Sinta, WoS dan Scopus. FT-UWP memiliki produk Unggulan yaitu Pengembangan Mesin dengan menggunakan Energi Terbarukan yaitu Wahana Sepada Motor Listrik SpeedUWP, Pengembangan Material Canggih untuk industri UMKM, Pengembangan Mesin Teknologi Tepat Guna atau Desain Produk yang terintegrasi dengan Sistem Informasi atau Aplikasi Mobile.

Dengan pembelajaran dalam Kampus Merdeka, FT-UWP diharapkan memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa dan dosen, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Jayalah Wijaya Putra!

  • Admin
  • 02 Nov 2021 , 15:18 WIB