Berita

Tim Dosen Universitas Wijaya Putra Berhasil Melakukan Inovasi Menjadikan Limbah Tahu Menjadi Energi Alternatif

"Dampak lingkungan dari limbah cair tahu yang dialirkan ke sungai area sawah makin hari makin berbau dan mengendap sehingga banyak petani mengeluh aliran sungai yang sangaat berbau sehingga cukup menggangu para petani dalam mengaliri sawah di sekitar Dusun Banengan,” kata Astria Hindratmo, Ketua TIM PKM UWP Surabaya.

Menurutnya, perlu suatu kegiatan yang kreatitif dalam pengelolaan limbah tahu. “Maka dari itu kami TIM PKM UWP melakukan kegiatan pengabdian membantu UKM Tahu Di Dusun Banengan mengelola limbah cair menjadi energi alternatif berupa biogas dari limbah cair,” ujarnya.

Tim PKM UWP, lanjutnya, juga membangun fasilitas tempat pembuatan biogas dari limbah cair, fasilitas tempat pembuatan pakan ikan berbahan ampas tahu, serta memberikan beberapa peralatan berupa mesin pencetak pelet pakan ikan dengan dimodifikasi menggunakan energi biogas yang merupkan hasil hibah dari DRTPM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dengan adanya fasilitas pengolahan limbah cair menjadi biogas tahu mampu mengurangi jumlah aliran limbah cair perhari sebesar 30-40%, serta proses produksi tahu lebih ramah lingkungan karena pemanas katel uap berbahan biogas.

“Kami berharap agar pelaku usaha UKM Tahu tidak hanya mencari pendapatan saja, namun juga mengelola permasalahan limbah yang berdampak pada pencemaran lingkungan,” tutur Astria

  • Admin
  • 30 Sep 2022 , 10:57 WIB