Berita

Tingkatkan Kualitas Batik Dengan Mesin Setrika Uap Raksasa

Usaha batik tulis di Kabupaten Jombang merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih memiliki permasalahan dalam rendahnya produktifitas. Selain itu, permasalahan yang sering dialami oleh UMKM Batik adalah kualitas produk belum maksimal dan kerapian produk masih kurang serta kain batik kurang halus.

Menurut Siswadi, ST., MSi, Dosen Fakultas Teknik Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya, Hal ini disebabkan setelah proses penjemuran, kain batik langsung dilipat dan dikemas, tidak dilanjutkan proses penyeterikaan dengan setrika uap.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Dosen-dosen dari UWP Surabaya menciptakan Mesin Setrika Uap Raksasa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD). Kegiatan itu dikelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan Mesin Setrika Uap Raksasa ini, UMKM Batik diharapkan menjadi lebih produktif, dan peningkatan kapasitas hasil produksi lebih besar.

 

Jayalah Wijaya Putra!

  • Admin
  • 16 Nov 2021 , 15:33 WIB